Sewaktu Penulis menyelesaikan pendidikan di Program Magister Manajemen Universitas Negeri Padang, Konsentrasi Manajemen Keuangan Daerah, Penulis sangat tertarik untuk melihat sejauhmana pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) terhadap  terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Penulis melihat fenomena bahwa Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  secara umum belum menunjukan hasil yang menggembirakan.  Berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hanya  memberikan opini  wajar dengan pengecualian (qualified opinion). Pada tahun 2009 Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sumatera Barat mendapat peringkat terburuk dalam audit  dengan hasil  tanpa opini (disclaimer). Padahal kalau dilihat dari variabel yang akan diuji, seluruh syarat untuk mendapatkan laporan keuangan yang berkualitas sudah memenuhi syarat. Dalam menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengeluarkan Pergub tentang SPIP di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, begitu juga dengan penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, sudah dikeluarkan Pergub tentang petunjuk pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang berpedoman terhadap Standar Akuntansi Pemerintah. Khusus untuk Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2008, 2009 dan 2010 telah merekrut banyak tenaga akuntansi. berdasarkan data yang penulis peroleh dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Barat, jumlah tenaga Akuntansi per 31 Desember 2009 sebanyak 170 orang.

Setelah melakukan diskusi dengan dosen pembimbing, akhirnya penulis memutuskan melakukan penelitian dengan populasi penelitian adalah seluruh entitas akuntansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 36 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), teknik pengambilan sampel secara total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan langsung kuesioner kepada responden yang bersangkutan. Teknik analsis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS).
Hasil penelitian menunjukan bahwa:

  1. Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh terhadap Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan
  2. Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dalam menyusun laporan keuangan di Satuan Kerja Perangkat Daerah dipengaruhi oleh Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia
  3. Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dipengaruhi oleh Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan

Penulis mendapatkan kesimpulan bahwa dalam rangkan meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah maka SKPD perlu meningkatkan Penerapan Sistem Pengendalian Intern dengan lebih difokuskan untuk menciptakan lingkungan pengendalian yang baik, penilaian risiko serta aktifitas pengendalian fisik serta dokumen kepemilikan aset. Pemerintah juga perlu menjalankan 11 (sebelas) Pernyataan Standar Akuntasi Pemerintahan dengan baik sehingga Laporan Keuangan yang berkualitas dapat dicapai. Faktor yang paling penting adalah dengan meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pejabat Penatausahaan Keuangan di SKPD.

Akhirnya penulis dapat menyelesaikan pendidikan di Universitas Negeri Padang pada bulan Oktober 2011, dengan nilai memuaskan. sewaktu tulisan ini dibuat, Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah meningkat baik, dari predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) pada Tahun 2011 menjadi  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Tahun 2012. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan atas laporan keuangan Tahun 2013.Amin..

About deri irwan

Penata Laporan Keuangan pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Barat

137 responses »

Comment navigation

  1. Sinta Nalis mengatakan:

    Assalammualaikum, pak bisakah saya minta tesis lengkap bapak. kebetulan saya sedang menggarap tesis berkaitan dengan judul dari tesis bapak. jika berkenan, bisa minta tolong di email ke saya pak dwi_sinta@yahoo.com . terimkasih banyak
    sebelumnya

  2. Malam Pak Deri. Saya mahasiswa S2 di USU yang akan membuat tesis yg judulnya berhubungan dengan tesis bpk. Saya minta tolong pak, bisa ya… tlg di email tesis berikut quesioner bpk sebagai bahan referensi saya ke octrina.manullang@gmail.com atau octrina28@yahoo.com . Terima kasih banyak pak.

  3. harry wibawa mengatakan:

    assalamualaikum pak .
    saya harry saya sedang menyususun skripsi, kebetulan variabel nya sama dengan bapak apakah saya boleh minta koesionernya pa ?
    ini alamat email saya pa . wibawaharry28@gmail.com

  4. harry wibawa mengatakan:

    assalamualaikum pa
    kalau di perbolehkan dengan thesis nya pa .
    terimakasih pa .

  5. bintang manalu mengatakan:

    maaf pak, saya Bintang mahasiswa USU program S2, saat ini saya sedang mengajukan proposal thesis, dan salah satu variabelnya sama dengan bapak, bisa minta thesis dan kuisionernya pak?klo boleh dikirimkan ke email saya bintang75manaloe@gmail.com
    terima kasih sebelumnya.

  6. Asti Iga mengatakan:

    Selamat pagi pak,
    Kebetulan saya juga sedang menyusun skripsi dgn judul pengaruh SPIP terhadap kualitas laporan keuangan. Apabila bpk berkenan boleh sama minta email thesis dan kuesioner bapak untuk saya jadikan referensi ? Apabila bapak berkenan mohon kirimkan ke email saya pak asti_iga@yahoo.co.id , terima kasih.

  7. Leo Gunawan mengatakan:

    Assalamu’alaikum bapak deri, saya membuat tesis dengan variabel kompetensi SDM terhadap laporan keuangan. Apakah saya juga boleh meminta tesis dan kuesionernya? kalau bapak berkenan bisa kirimkan ke email saya leo.gunawan@yahoo.com terimakasih pak

  8. assalamualaikum pak. saya mahasiswi tingkat akhir sedang mengerjakan skripsi ttg SPIP dan SDM, boleh saya minta tesis dan kuesionernya? ini email saya sekarpn20@gmail,com maaf ya pak, mohon bantuannya

  9. Wiwien Budhi Utami mengatakan:

    Pak Irwan jika berkenan saya mau juga…sebagai bahan referensi penyusunan tesis saya…semoga ilmu bapak lebih bermanfaat lagi kedepannya. email saya wiwien.buena@gmail.com.

    Terima kasih

  10. Teti mengatakan:

    Asalamualaikum..pak saya teti mahasiswa s2 USU, saya sedang menyusun tesis yang berhubungan dengan judul bapak, boleh saya minta tesis dan kuesionernya? Kalo bapak berkenan tolong email ke saya tety_dani@yahoo.com Terima kasih

  11. noni evana mengatakan:

    Ass pak derry…. sy mahasiswa s2 tertarik untuk mempelajari tesis bapak, bila berkenan bolehkah sy minta thesis n kuesionernya, kalo boleh mohon email ke noni.dms@gmail.com, makasih banyak pak….

  12. Teti mengatakan:

    Aslm, pak saya Teti sedang membuat tesis yang sama dengan bapak. Apakah boleh saya minta referensi tesis dan kuesioner bapak? Jika bapak berkenan tolong kirim ke alamat email saya tety_dani@yahoo.com

  13. Hariyanto mengatakan:

    assalamualaikum pak. saya sdg meneliti ttg laporan keuangan daerah. kalau tidak keberatan, saya harap bapak mau berbagi tesis dan kuesioner yang bapak gunakan dalam penelitian yang bapak lakukan. mohon bantuannya ya pak. haryyanto.had@gmail.com
    Terima kasih

  14. Ria Meriyana mengatakan:

    selamat pagi pak..
    saya mahasiswa IBI Darmajaya. boleh sya minta kuisioner bapak untuk dijadikan referensi skripsi saya? ini email saya santitarani@yahoo.com
    terima kasih pak.,

  15. P.A. Yuliantini mengatakan:

    selamat malam pak dedi irwan..sy sedang menyusun tesis tentang kompetensi SDM, dan SPIP, apakah saya boleh meminta tesis dan kuisionernya, mohon bantuannya untuk dikirim ke email saya yulieditha@gmail.com..terima kasih atas bantuan bapak

  16. endang mengatakan:

    Assalamua’alaikum
    Pak Deri…saya endang mahasiswa UNS. apakah saya boleh meminta thesis dan kuesionernya? karena thesis salah satu variabel nya terdapat kaitan dengan apa yang akan saya teliti. kalau bapak berkenan bisa kirim email ke saya endank.juni@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya

  17. Yunika Rachmanti Ayu mengatakan:

    Assalamualaikum Pak Deri Irwan, bagaimana kabarnya ? semoga baik sehat selalu, aamin. Kebetulan saya baru ketemu sama blog bapak ini, rezeki saya mungkin agar bisa mengambil referensi dari postingan bapak kali ini. Saya Yunika sedang mengerjakan skripsi tentang SPIP pak, kalo bapak berkenan, izinkan saya mendapatkan referensi tentang thesis dan kuesioner yg bapak gunakan. jika pak deri tidak keberatan, boleh dikirim ke email saya ya pak ra.yunika@gmail.com .terimakasih banyak pak deri, wassalamualaikum

    • deri irwan mengatakan:

      waalaikumsalam…mohon maaf sebelumnya mbak berhubungan banyaknya pekerjaaan akhir tahun sehingga baru bisa kita respon,dengan ini kita kirimkan thesisnya..

  18. Nadia mengatakan:

    Assalamu’alaikum pak, kebetulan saya sedang membuat skripsi yang berkaitan dengan kualitas laporan keuangan. Apakah saya juga boleh meminta tesis dan kuesionernya sebagai bahan referensi saya ? kalau bapak berkenan bisa kirimkan ke email saya nadiakusayang14@gmail.com terimakasih banyak pak🙂

  19. saptofs mengatakan:

    Assalamu’alaikum Pak Irwan, saya kebetulan tengah membuat proposal tesis mengenai kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, kalau boleh saya mohon dikirim file tesis serta file kuesioner sebagai bahan referensi dan mohon dikirim ke sapto768205@yahoo.co.id, terima kasih

  20. Nur Jannah Abdi Aziz mengatakan:

    Assalamualaikum pak, saja jannah mahasiwa UNSOED yang sedang menempuh skripsi, apabila bapak berkenan boleh kah saya meminta thesis dan kuesionernya? Kalau bapak berkenan bisa kirim ke email saya jannahaziz54@gmail.com , Terimasih pak..

  21. deby mengatakan:

    assalamualaikum pak saya bisa minta kuesioner dan tesisnya? email saya debyoctarinda@yahoo.co.id

  22. Chaerini mengatakan:

    Assalamualaikum .. pk sya mhs UNIMAL sdng membuat skripsi. apakah sya blh meminta kuesioner penelitian bpk ? krna kbtulan variabel pnelitian sya sma dengn bpk. klu bpk brkenan bisa bpk krm k email sya Chaerini_putri94@yahoo.co.id. trm kasih.

  23. Kuasa Akram mengatakan:

    assalamu’alaikum ww. pak Deril Irwan. sy lg nuyusun tesis salah satu variabelnya regulasi . sy agak sulit cari kuesioner regulasi terhadap kualitas lap. keuangan SKPD. apa ada sama pak Deri tolng kirimin ya…

    sblumnya sy ucapin trimis.

  24. ayudiah mengatakan:

    Ass pak, saya ayu mahasiswa unhas, apakah saya boleh meminta thesis dan kuisionernya? Kalau bapak berkenan bisa kirim ke a.ayudyah316@yahoo.com terima kasih pak

  25. naufal arifin mengatakan:

    assalamualaikum pak derri saya dengan naufal sedang menyelesaikan tugas akhir pada program magister akuntansi universitas mataram saya sangat tertarik dengan penelitian bapak terkait dengan kualitas laporan keuangan, dengan menambah variabe endogennya kepercayaan stakeholder mohon bantuan bapak apabila berkenan mengirimkan versi lengkap tesis bapak beserta kuesionernya karena sangat saya butuhkan untuk memperkuat indikator pada penelitian saya. atas bantuan bapak saya ucapkan terimakasih. email saya (inggoz82@gmail.com)

  26. Ngh wan mengatakan:

    selamat malam pak irwan saya nengah suwandana mahasiswa maksi FEB universitas udayana kalau berkenan boleh saya minta thesis dan kuisenernya untuk bahan kuliah metodelogi penelitian, jika boleh bisa kirimkan ke email saya pada alamat: nghswn@gmail.com terimakasih atas perhatiannya

  27. Asni Awl mengatakan:

    assalamualaikum pa’, rencana tesis saya ada kesamaan variabel dengan tesisnya , cuma saya kembangkan dengan menggunakan dua var moderating pengalaman dan gaya kepemimpinan , mohon kerja sama untuk kuusioner dan tesis lengkapnya. tks

  28. elsa mengatakan:

    Assalamu’alaikum Pak Irwan, saya juga kebetulan sedang dalam proses penyusunan skripsi tentang kompetensi SDM, dan penerapan SAP berbasis akrual, maaf pak, boleh saya mintat tesis dan kuesioner bapak? bapak bisa kirim ke email elsarosiana17gmail.com. terimakasih sebelumnya pak.

  29. asni mengatakan:

    untuk pemoderasi di tesis saya… boleh minta tesis lengkapnya ka’..

  30. Lailan mengatakan:

    Ass pak, saya lgi menyusun tesis tentang kualitas laporan keuangan. apakah sya boleh meminta tesis dan kuisioner tesis bapak sebagai bahan referensi saya. mohon bantuannya untuk dikirim ke email saya lailan_nuri@ymail.com. terima kasih atas bantuannya

  31. Liani Suliyantini mengatakan:

    Assalamu’alaikum pak saya Liani mahasiswa Unnes semester 7, saya sedang memuat skripsi dengan variabel yang sama dengan yang dulu bapak teliti. Jika bapak tidak keberatan dan bapak berkenan, apakah saya boleh meminta thesis dan kuesioner bapak? Jika iya, bisa dikirim ke liani.sudibyo@gmail.com Terima kasih bapak

  32. Abdullah mengatakan:

    Assalamu’alaikum Pak Irwan, saya kebetulan tengah membuat proposal skripsi mengenai kualitas laporan keuangan pemerintah, kalau boleh saya mohon dikirim file tesis serta file kuesioner sebagai bahan referensi dan mohon dikirim ke cobacoba903@yahoo.com, terima kasih

Comment navigation

Tinggalkan Balasan

